1. Karakteristik1: Perencanaan dan Pengembangan Sekolah
* Perencanaan merupakan dasar bagi fungsi manajemen lain
* Perencanaan merupakan pernyataan mengenai kehendak di masa depan yang ingin dicapai
* Perencanaan meliputi jangka pendek, menengah dan panjang
* Sekolah yang efektif memiliki rencana pengembangan sekolah yang disepakati bersama
Karakteristik 2: Iklim dan Budaya Sekolah
* Penciptaan dan pemeliharaan iklim yang kondusif untuk belajar
* Penciptaan norma dan kebiasaan yang positif
* Penciptaan hubungan dan kerja sama yang harmonis yang didasari oleh sikap saling menghargai satu sama lain
Karakteristik 3: Harapan yang Tinggi untuk Berprestasi
* Penciptaan etos positif yang dapat mendorong siswa berprestasi
* Tanggung jawab yang tinggi bagi pembelajaran siswa,
* Harapan yang tinggi akan pekerjaan yang berkualitas tinggi,
* Pemberian perhatian pribadi kepada siswa perorangan.
Karakteristik 4: Pemantauan terhadap Kemajuan Siswa
* Pemberian pekerjaan rumah kepada siswa
* Terdapat prosedur penilaian yang dilakukan secara terprogram (formatif dan sumatif)
* Pemberian balikan yang segera kepada siswa
Karakteristik 5: Kepemimpinan Kepala Sekolah
* Sejauhmana tanggung jawab kepemimpinan diambil alih atau didelegasikan oleh kepala sekolah
* Gaya kepemimpinan yang digunakan oleh kepala sekolah berperan penting.
* Pendekatan kepemimpinan partisipatif
Karakteristik 6: Pengembangan Guru dan Staf
* Guru merupakan fasilitator pembelajaran yang perlu dijaga kualitasnya
* Pengembangan profesional guru menentukan hasil pembelajaran
* Perlu adanya program pengembangan guru dan staf
Karakteristik 7: Penguatan Kapasitas Siswa
* Tujuan akhir program pembelajaran adalah pada peningkatan kemampuan siswa
* Pemberian kesempatan kepada siswa dalam mengembangkan potensi dirinya
* Penyediaan program dalam membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar
Karakteristik 8: Keterlibatan Orangtua dan Masyarakat
* Keterlibatan orangtua merupakan stimulus eksternal yang berperan penting bagi peningkatan kualitas pembelajaran
* Kerjasama orangtua dan sekolah dalam pemberian bimbingan belajar dan dalam menumbuhkan kedisiplinan kepada anak mereka
Karakteristik 9: Keterlibatan dan Tanggung Jawab Siswa
* Pembelajaran hanya mungkin terjadi bilamana siswa mempunyai pandangan yang positif terhadap sekolahnya dan peranan mereka di dalamnya
* Keterlibatan siswa menumbuhkan pada diri siswa rasa memiliki terhadap sekolah dan terhadap pembelajarannya sendiri
Karakteristik 10: Penghargaan dan Insentif
* Pemberian penghargaan jauh lebih penting ketimbang menghukum atau menyalahkan siswa
* Penghargaan dan insentif mendorong munculnya perilaku positif dan, dalam beberapa hal, mengubah perilaku siswa (dan juga guru).
Karakteristik 11: Tata tertib dan Kedisiplinan
* Kesepakatan kepala sekolah dan guru terhadap kebijakan disiplin sekolah
* Dukungan yang diberikan kepada guru bilamana mereka melaksanakan peraturan disiplin sekolah.
Sumber:
Arismunandar. (2006). Sistem Manajemen Sekolah (Materi Pelatihan Pengawas Sekolah)
Senin, 31 Mei 2010
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar